Kamis, 20 Desember 2012

penulisan ilmiah Studi Pengembangan Usaha Teman Tour Travel Bab I



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang masalah
Di tengah persaingan yang semakin padat di era globalisasi sekarang ini, membuat orang berfikir bagaimana cara bertahan dan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan usaha yang mampu menopang segala kebutuhan tersebut. Kurangnya lapangan pekerjaan serta pesatnya perkembangan penduduk usia kerja, membuat banyak orang kembali berfikir menjalankan usaha yang menguntungkan di tengah-tengah kerasnya persaingan kerja atau bisnis di era globalisasi sekarang ini.
Dengan tetap memakai prinsip ekonomi yakni membuka usaha dengan modal tertentu dengan tujuan menghasilkan keuntungan yang semaksimal mungkin. Wirausaha merupakan salah satu bentuk implementasi dalam memenuhi kesejahteraan. Menguntungkan dari segi ekonomi,selain itu juga menguntungkan bagi masyarakat luas yang berperan sebagai pemenuh kebutuhan baik secara langsung maupun tidak.
Agar bisa mencapai tingkat perkembangan dan keuntungan usaha yang optimal, seseorang sebaiknya mengkaji terlebih dahulu bidang usaha yang akan dimasukinya melalui Studi Kelayakan Bisnis. Hal ini bukan saja berguna bagi investor tetapi juga berguna dalam mengantisipasi kegagalan atau kendala yang mungkin akan terjadi.
Salah satu usaha yang banyak kita jumpai adalah usaha travel. Di tengah kesibukan pekerjaan saat ini,dan bisingnya rutinitas yang terjadi di kota metropolitan, rekreasi atau berwisata di akhir pekan bersama kerabat adalah peluang bagi usaha travel untuk menjawab permasalahan tersebut.
Dengan modal  yang cukup serta kemauan untuk sukses yang besar,setiap orang mampu menjalankan usaha ini. Usaha sederhana ini pun bisa dijalankan bersamaan dengan rutinitas kebanyakan orang. Dengan pertimbangan tersebut tentunya investor  tidak perlu berpikir lama dalam memutuskan menggeluti bidang usaha travel ini.
Teman Tour Travel adalah salah satu usaha yang memanfaatkan peluang tersebut. Yang berlokasikan di pusat kota metropolitan Jakarta,dan berdiri di tengah lingkungan masyarakat yang membutuhkan pariwisata dan rekreasi sebagai sarana penghibur. Sebagai cabang yang berdiri di bawah naungan PT. Medusa Multi Business Center yang sudah berjalan selama 20 tahun dan punya pengalaman baik dalam bidang pelayanan jasa travel, Teman Tour Travel cukup berpotensi untuk dapat menjawab kebutuhan masyarakat.  Dengan melihat peluang pasar yang cukup besar saat ini, berniat untuk mengembangkan usahanya dengan melakukan penanaman modal investasi untuk memperluas daerah pemasaran dengan membuka kantor cabang yang rencananya akan dibangun di daerah Depok yang berlokasi di jalan Akses UI no. 25 Kelapa Dua . Maka perlu dilakukan Studi Kelayakan  guna menghindari kerugian penanaman modal yang terlalu besar.
Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk meneliti studi kelayakan pada usaha Teman Tour Travel dan membahas dalam penulisan ilmiah ini dengan judul “ Studi Kelayakan Pengembangan Usaha Teman Tour Travel”.
1.2  Rumusan masalah dan batasan masalah
Berdasarkan Uraian di atas, maka masalah yang akan di analisa adalah :
1)      Bagaimana aspek kelayakan dari segi pasar ataupun operasionalnya pada kantor cabang yang akan dibuka oleh  Teman Tour Travel?
2)      Bagaimana aspek kelayakan financial (berapa lama tingkat pengembalian investasi) pada usaha Teman Tour Travel?
3)      Apakah investasi untuk pembukaan cabang  Usaha Teman Tour Travel layak dijalankan atau tidak?
Pada penulisan ilmiah ini penulis membatasi permasalahan pada ruang lingkup kerja Teman Tour Travel.
Untuk mengetahui kelayakan investasi pada usaha ini, penulis menggunakan metode penganggaran modal diantaranya dengan menggunakan metode Payback Period (PP),Net Present Value (NPV),Internal Rate of Return (IRR), dan Profitability Index (PI) dengan menyesuaikan data pada usaha Teman Tour Travel.
1.3  Tujuan penelitian
Adapun tujuan penulisan penelitian ilmiah ini yang dibuat oleh penulis dan mengacu pada rumusan masalah yaitu :
1)      Untuk mengetahui aspek kelayakan dari segi pasar dan segi operasional pada usaha Teman Tour Travel.
2)      Untuk mengetahui lamanya tingkat pengembalian investasi pada usaha Teman Tour Travel.
3)      Untuk mengetahui investasi untuk pembukaan cabang baru pada Teman Tour  Travel layak dijalankan, ditunda , atau dibatalkan.
1.4  Manfaat penelitian
Dari data yang telah diolah dari penulisan ilmiah ini diharapkan akan memberikan beberapa manfaat antara lain sebagai berikut :
1)      Penulis
Dengan adanya penulisan ilmiah ini maka penulis dapat menambah ilmu pengetahuan di bidang wirausaha tersebut beserta ilmu tentang investasi ataupun studi kelayakan bisnis. Dan penulis juga dapat mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari.
2)       Akademis
Penulis dapat membedakan teori  yang di dapat dalam pelajaran dengan permasalahan langsung yang ada di dunia usaha.
3)      Praktisi
Dapat memberikan masukan kepada pengusaha untuk mengetahui tingkat kelayakan dalam berinvestasi sehingga dapat mempertimbangkan berapa nilai investasi guna menghindari kegagalan atau kerugian dimasa yang akan datang.
1.5  Metode penilitian
1.5.1        Objek penelitian
Objek penelitian pada penulisan ilmiah ini adalah Teman Tour Travel yang berlokasikan di Jalan Raya PKP no. 28 kec. Ciracas Kel. Kelapa dua wetan,Jakarta Timur, sebagai patokan penelitian untuk mengetahui gambaran usaha yang akan digunakan untuk perbandingan dalam menentukan kelayakan investasi untuk memperluas daerah pemasaran dengan mendirikan kantor cabang di jalan Akses UI no. 25 Kelapa Dua, Depok . Usaha ini didirikan oleh beberapa Mahasiswa Atmajaya dan Gunadarma yang beranggotakan delapan orang.
1.5.2        Data Variabel
Data yang digunakan merupakan data primer dengan menggunakan data dari komponen investasi berupa biaya-biaya, bentuk produksi, harga-harga, volume penjualan dan estimasi penjualan.


1.5.3        Metode pengumpulan data/variable
Pengumpulan data/variable dari keterangan serta informasi yang relevan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sebagai berikut :

1.5.3.1  Riset Lapangan
Riset lapangan dilakukan secara langsung terhadap objeknya guna mendapatkan informasi atau data-data primer ataupun sekunder yang diperlukan. Antara lain :
A.     Wawancara
Dilakukan secara langsung pada pemilik dan karyawan pada perusahaan tersebut sehingga dapat melakukan pengamatan yang lebih detail.
B.     Observasi
Penulis juga melakukan pengamatan langsung pada kantor usaha Teman Tour Travel sehingga mendpatkan gambaran yang jelas mengenai jalanya usaha tersebut.
1.5.3.2  Kepustakaan
Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Serta melihat dari penulisan ilmiah sejenis guna membantu penulis menyelesaikan penelitian ilmiah ini.
1.5.4        Alat analisis yang digunakan
Dalam penulisan ilmiah ini alat analisis yang digunakan adalah Payback Period (PP). Net Present Value (NPV).Internal Rate of Return (IRR). Dan Profitability Index (PI).Dengan menggunakan rumus-rumus sebagai berikut :


a.       Payback Period



 





b.      Net Present Value


NPV = PV. Proceed – PV.outlays
 
 


c.       Internal Rate of Return (IRR)
                              NPV
IRR = Df 1 +                                        (Df2 –Df1)
                                  NPV 1 – NPV 2
d.      Profitabilty Index

                PV. Proceed
PI  =
                              PV . Outlays

Tidak ada komentar:

Posting Komentar