BAB
III
PEMBAHASAN
3.1
Data dan Profile Objek Penelitian
3.1.1
Sejarah Berdirinya Badan Usaha
Teman
Tour Travel adalah salah satu jenis usaha yang bergerak dibidang jasa. Dibawah
naungan PT. Medusa Multi Business Center yang sudah berjalan lebih dari 20
tahun,Teman Tour Travel berdiri sejak 29
september 2009 menawarkan jasa dalam bidang jasa angkutan pesawat ataupun
kereta api, selain itu Teman Tour Travel juga menawarkan rekreasi wisata
bersama keluarga ke tempat wisata-wisata yang ada di Indonesia.
Usaha
yang didirikan oleh Jhon Harrys Munthe
dan rekan-rekannya yang beranggotakan delapan orang ini terletak di
wilayah Jakarta Timur tepatnya di Jalan PKP No. 28 Kec. Ciracas Kel. Kelapa Dua
Wetan, Jakarta Timur. Pada awalnya usaha travel ini hanya menangani jasa
pembelian tiket pesawat domestic saja, namun seiring kemajuan sistem yang ada,
Teman Tour Travel sekarang juga menyiapkan pelayanan tiketing Kerata Api,
Umroh dan Tour wisata seperti ke
Bandung, Pulau Tidung, Yogyakarta, serta
Denpasar.
3.1.2
Struktur Organisasi Badan Usaha
Adapun struktur organisasi itu
sendiri dapat dikatakan sebagai suatu kerangka yang mewujudkan suatu pola dari
hubungan antara kedudukan dan peranan dalam suatu kerjasama. Bentuk struktur
organisasi yang dimiliki Teman Tour Travel adalah sebagai berikut :
Gambar 3.1 Struktur Organisasi
Usaha Teman Tour Travel
Fungsi dari masing-masing bagian
yaitu sebagai berikut :
1.
Pengelola
Utama
a.
Mengawasi
dan mengontrol jalannya perusahaan.
b.
Membuat
rencana kerja bagi para staff-staffnya.
c.
Bertanggung
jawab atas segala aktivitas yang terjadi di dalam perusahaan.
2.
Staff
Administrasi
a.
Membukukan
setiap transaksi yang terjadi di perusahaan.
b.
Membuat
laporan jurnal keuangan setiap bulannya.
c.
Bertanggung
jawab atas aliran dana masuk ataupun keluar di perusahaan.
3.
Staff
Pengembangan Usaha
a.
Mencari
tahu segala kekurangan yang terjadi pada pemesanan tiket dan paket tour wisata.
b.
Mencari
tempat-tempat baru yang cocok dijadikan tempat wisata lalu mencari segala
akomodasi yang dibutuhkan di tempat tersebut, untuk menambah daftar tempat paket
tour.
c.
Mencari
segala kekurangan yang ada di perusahaan, lalu dengan segera harus
mengadakannya.
4.
Staff
Marketing
a.
Membuat
segala macam kelengkapan yang berhubungan dengan pemasaran, seperti spanduk,
brosur, mencari daftar tiket promo baik pesawat maupun hotel.
b.
Memperkenalkan
kepada konsumen apa yang ditawarkan oleh Teman Tour Travel
5.
Operator
Ticketing
a.
Melayani
pelanggan dari mulai booking tiket, pembayaran tiket, sampai penerbitan tiket
ke maskapai penerbangan.
b.
Mengurusi
tiket pelanggan jika ada yang mau melakukan perubahan jadwal penerbangan.
6.
Co-Operator
Ticketing
a.
Membantu
operator ticketing dalam melaksanakan tugasnya.
b. Pemberi masukan kepada operator
ticketing dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.
3.2
Hasil Penelitian dan Analisis
3.2.1
Aspek Pasar dan Pemasaran
Dalam mengembangkan usaha ada
beberapa hal yang harus diperhatikan agar usaha dapat terus berjalan dan
berkembang. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat menunjang keberhasilan
tersebut :
a.
Pasar
Potensial
Tempat
usaha Teman Tour Travel ini terletak pada lokasi yang sangat ramai, dekat
dengan pemukiman warga,komplek angkatan darat dan tempat perkuliahan. Sehingga
mempunyai potensi memperoleh jumlah pengunjung yang diinginkan.
b.
Lokasi
Teman
Tour Travel yang akan didirikan ini terletak di jalan Akses UI No. 25 Kelapa
Dua, Depok, tepatnya Sebelum markas besar Brimob Kelapa Dua, Depok.
c.
Promosi
Dalam
hal promosi, usaha travel ini memasang spanduk besar harga tiket promo dengan
rute domestic yang di update setiap bulanya. Promosi juga dilakukan melalui
media jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.
d.
Pesaing
Menurut
hasil pengamatan penulis, pesaing Teman Tour Travel yang berada dekat dengan
lokasi travel adalah Valentine Travel dan Sriwijaya Pojok Tiket Travel .
Pengelola Teman Tour Travel memberikan servis yang tidak dilakukan oleh pesaing
yakni jasa antar tiket pesawat ke tempat customer.
e.
Harga
Dalam
penentuan harga setiap tiket pesawat tergantung pada sistem online rute dan
tanggal keberangkatan yang di minta customer. Teman Tour Travel memberikan
harga di bawah rata-rata travel lain karena travel ini bekerjasama langsung
dengan pihak maskapai yang ada di Indonesia.
3.2.2 Aspek Tekhnis dan
Produksi
Dalam
usaha ini memerlukan keahlian kusus didalamnya. Karena di setiap posisi
karyawan mempunyai peranan khusus masing-masing. Diperlukan pengalaman dalam
bidang travel atau pariwisata dalam menjalankan usaha ini.
3.2.3 Aspek Manajemen
Dalam
kegiatanya Travel ini dimulai dari pukul 08.00 – 22.00 dengan waktu yang telah
ditentukan diharapkan dalam pelaksanaanya pimpinan selaku pemilik travel
tersebut dapat melihat dan ikut serta menjalankan kegiatan usahanya supaya
dapat mengontrol dan menganalisa langsung keefektifan operasional kegiatan
usahanya.
3.2.4 Aspek Ekonomi dan
Sosial
Dengan
berdirinya usaha travel ini dapat membantu perekonomian pemilik dan anggotanya.
Sedangkan aspek sosial usaha ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat
yang membutuhkan jasa travel dan juga memberikan lapangan pekerjaan bagi
masyarakat.
3.2.5 Aspek keuangan
Berdaasarkan
informasi data yang telah diperoleh oleh penulis, berikut adalah data – data
investasi pada usaha Teman Tour Travel. Dan untuk menganalisa studi kelayakan
usaha tersebut, penulis mencoba menganalisa usaha tersebut dengan modal aliran
pengeluaran Teman Tour Travel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar