Kamis, 20 Desember 2012

PI bab III indra rezkyana



BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Data dan Profile Objek Penelitian
3.1.1 Sejarah Berdirinya Badan Usaha
Teman Tour Travel adalah salah satu jenis usaha yang bergerak dibidang jasa. Dibawah naungan PT. Medusa Multi Business Center yang sudah berjalan lebih dari 20 tahun,Teman Tour  Travel berdiri sejak 29 september 2009 menawarkan jasa dalam bidang jasa angkutan pesawat ataupun kereta api, selain itu Teman Tour Travel juga menawarkan rekreasi wisata bersama keluarga ke tempat wisata-wisata yang ada di Indonesia.
Usaha yang didirikan oleh Jhon Harrys Munthe  dan rekan-rekannya yang beranggotakan delapan orang ini terletak di wilayah Jakarta Timur tepatnya di Jalan PKP No. 28 Kec. Ciracas Kel. Kelapa Dua Wetan, Jakarta Timur. Pada awalnya usaha travel ini hanya menangani jasa pembelian tiket pesawat domestic saja, namun seiring kemajuan sistem yang ada, Teman Tour Travel sekarang juga menyiapkan pelayanan tiketing Kerata Api, Umroh  dan Tour wisata seperti ke Bandung, Pulau Tidung, Yogyakarta,  serta Denpasar.
3.1.2 Struktur Organisasi Badan Usaha
Adapun struktur organisasi itu sendiri dapat dikatakan sebagai suatu kerangka yang mewujudkan suatu pola dari hubungan antara kedudukan dan peranan dalam suatu kerjasama. Bentuk struktur organisasi yang dimiliki Teman Tour Travel adalah sebagai berikut :


 








Gambar 3.1 Struktur Organisasi Usaha Teman Tour Travel


Fungsi dari masing-masing bagian yaitu sebagai berikut :
1.      Pengelola Utama
a.       Mengawasi dan mengontrol jalannya perusahaan.
b.      Membuat rencana kerja bagi para staff-staffnya.
c.       Bertanggung jawab atas segala aktivitas yang terjadi di dalam perusahaan.

2.      Staff Administrasi
a.       Membukukan setiap transaksi yang terjadi di perusahaan.
b.      Membuat laporan jurnal keuangan setiap bulannya.
c.       Bertanggung jawab atas aliran dana masuk ataupun keluar di perusahaan.

3.      Staff Pengembangan Usaha
a.       Mencari tahu segala kekurangan yang terjadi pada pemesanan tiket dan paket tour wisata.
b.      Mencari tempat-tempat baru yang cocok dijadikan tempat wisata lalu mencari segala akomodasi yang dibutuhkan di tempat tersebut, untuk menambah daftar tempat paket tour.
c.       Mencari segala kekurangan yang ada di perusahaan, lalu dengan segera harus mengadakannya.

4.      Staff Marketing
a.       Membuat segala macam kelengkapan yang berhubungan dengan pemasaran, seperti spanduk, brosur, mencari daftar tiket promo baik pesawat maupun hotel.
b.      Memperkenalkan kepada konsumen apa yang ditawarkan oleh Teman Tour Travel

5.      Operator Ticketing
a.       Melayani pelanggan dari mulai booking tiket, pembayaran tiket, sampai penerbitan tiket ke maskapai penerbangan.
b.      Mengurusi tiket pelanggan jika ada yang mau melakukan perubahan jadwal penerbangan.

6.      Co-Operator Ticketing
a.       Membantu operator ticketing dalam melaksanakan tugasnya.
b.      Pemberi masukan kepada operator ticketing dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.

3.2 Hasil Penelitian dan Analisis
3.2.1 Aspek Pasar dan Pemasaran
            Dalam mengembangkan usaha ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar usaha dapat terus berjalan dan berkembang. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat menunjang keberhasilan tersebut :
a.       Pasar Potensial
Tempat usaha Teman Tour Travel ini terletak pada lokasi yang sangat ramai, dekat dengan pemukiman warga,komplek angkatan darat dan tempat perkuliahan. Sehingga mempunyai potensi memperoleh jumlah pengunjung yang diinginkan.
b.      Lokasi
Teman Tour Travel yang akan didirikan ini terletak di jalan Akses UI No. 25 Kelapa Dua, Depok, tepatnya Sebelum markas besar Brimob Kelapa Dua, Depok.
c.       Promosi
Dalam hal promosi, usaha travel ini memasang spanduk besar harga tiket promo dengan rute domestic yang di update setiap bulanya. Promosi juga dilakukan melalui media jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.
d.      Pesaing
Menurut hasil pengamatan penulis, pesaing Teman Tour Travel yang berada dekat dengan lokasi travel adalah Valentine Travel dan Sriwijaya Pojok Tiket Travel . Pengelola Teman Tour Travel memberikan servis yang tidak dilakukan oleh pesaing yakni jasa antar tiket pesawat ke tempat customer.
e.       Harga
Dalam penentuan harga setiap tiket pesawat tergantung pada sistem online rute dan tanggal keberangkatan yang di minta customer. Teman Tour Travel memberikan harga di bawah rata-rata travel lain karena travel ini bekerjasama langsung dengan pihak maskapai yang ada di Indonesia.
3.2.2 Aspek Tekhnis dan Produksi
Dalam usaha ini memerlukan keahlian kusus didalamnya. Karena di setiap posisi karyawan mempunyai peranan khusus masing-masing. Diperlukan pengalaman dalam bidang travel atau pariwisata dalam menjalankan usaha ini.
3.2.3 Aspek Manajemen
Dalam kegiatanya Travel ini dimulai dari pukul 08.00 – 22.00 dengan waktu yang telah ditentukan diharapkan dalam pelaksanaanya pimpinan selaku pemilik travel tersebut dapat melihat dan ikut serta menjalankan kegiatan usahanya supaya dapat mengontrol dan menganalisa langsung keefektifan operasional kegiatan usahanya.
3.2.4 Aspek Ekonomi dan Sosial
Dengan berdirinya usaha travel ini dapat membantu perekonomian pemilik dan anggotanya. Sedangkan aspek sosial usaha ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan jasa travel dan juga memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
3.2.5 Aspek keuangan
Berdaasarkan informasi data yang telah diperoleh oleh penulis, berikut adalah data – data investasi pada usaha Teman Tour Travel. Dan untuk menganalisa studi kelayakan usaha tersebut, penulis mencoba menganalisa usaha tersebut dengan modal aliran pengeluaran Teman Tour Travel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar