Kamis, 20 Desember 2012

PI BAB IV INDRA REZKYANA



BAB IV
KESIMPULAN

4.1       Kesimpulan
Dari beberapa aspek yang telah diteliti oleh penulis, yaitu Aspek Pasar dan Pemasaran, Aspek Teknis dan Produksi, serta Aspek Keuangan menunjukkan bahwa usulan investasi pada usaha Teman Tour Travel dapat diterima dan layak untuk dijalankan. Hal ini dilihat  dari Aspek Keuangan yang mengunakan empat metode penilaian investasi, yaitu dengan investasi sebesar Rp 50.000.000,- diharapkan bahwa usaha Teman Tour Travel ini dapat berjalan dengan baik, karena modal awal ini dapat dipastikan kembali dalam jangka waktu yang tidak lama.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut :
1)        Dilihat dari segi Pasar ataupun operasional, usaha Teman Tour Travel telah tepat mengatur strategi pasarnya. Dengan mendirikan usaha tersebut di lingkungan yang berdekatan dengan kampus, dan banyaknya pemukiman warga. Sehingga banyaknya kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi yang bisa menghemat waktu yakni sarana transportasi udara, ataupun kebutuhan akan rekreasi bersama. Jika dilihat dari segi harga cukup bersaing dengan menonjolkan servis lebih kepada pelanggan.

2)        Jangka waktu yang digunakan oleh Teman Tour Travel untuk dapat mengembalikan investasinya adalah selama 6 bulan 13 hari.

3)      Setelah dilakukan melalui perhitungan NPV dengan hasil Rp 41.257.400,- , PI dengan hasil 1,86 lebih besar dari 1 dan IRR dengan hasil 2,35 %  dengan tingkat bunga tabungan yang diisyaratkan 2 %. Dari perhitungan yang menunjukkan hasil positif maka kegiatan ini layak untuk dikembangkan dan dilanjutkan kembali. Sehingga dapat disimpulkan, usaha ini layak untuk dijalankan.
4.2       Saran
            Berdasarkan pembahasan di atas dapat dikemukakan beberapa saran untuk usaha tersebut, yaitu penulis dapat merekomendasikan bahwa usaha Teman Tour Travel dapat dijalankan karena usulan investasi pada usaha tersebut dapat diterima dan layak untuk dijalankan. Penulis menyarankan untuk mempertahankan para pelanggan yang sudah ada serta memberikan pelayanan yang lebih optimal. Supaya bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal juga.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar